Cara Ampuh Mengatasi Dokumen Word Yang Corrupt

Mengatasi dokumen word yang rusak dan tidak bisa dibuka - Pernahkah kalian memiliki masalah dengan file dokumen word yang kalian miliki? Masalah tersebut adalah dokumen word tidak bisa dibuka atau bisa juga disebut corrupt. Jika pernah, jangan bersedih dulu sebab ada cara untuk mengatasinya. Di sini akan saya jelaskan bagaimana supaya dokumen corrupt tersebut bisa dibuka kembali.

Pernah suatu ketika saya ingin membuka dokumen penting saya. Tiba-tiba ada keterangan "Word was unable to read the document. It may be corrupt". Tepatnya seperti pada gambar di atas. Hmmm.. Hampir frustasi rasanya. Bagaimana tidak, dokumen tersebut adalah hasil karya tulis yang saya cicil sedikit demi sedikit hingga jadi artikel yang siap saya update. Tidak mungkin bisa mengulang nulis kembali sebab inspirasi tidak selamanya sama.

Bingung, marah, dan entahlah. Mencoba mencari solusi di internet ketemu dengan panduan support microssoft office. Namun penjelasannya begitu rumit. Hingga akhirnya saya coba utak atik sendiri dengan memahami keterangan dalam permasalahan. Dan alhamdulillah bisa dibuka kembali walaupun tata letaknya berantakan.

Namun sebelum itu. Apa sih kiranya yang menyebabkan dokumen word corrupt? Coba ingat kembali apa yang kalian lakukan sebelum membuka dokumen yang corrupt tersebut. Apakah kalian mendownloadnya dari internet atau memindah dari folder lain?

Penyebab Dokumen Word Menjadi Corrupt


Ternyata salah satu dari sekian banyak penyebab dokumen word corrupt adalah sebab adanya virus di dalam dokumen tersebut. Ini biasanya ketika dokumen sudah terlalu lama terupload di internet dan tidak pernah dibuka sama sekali oleh yang mengupload. Bisa juga penyebab lain adalah karena memindahkan dokumen dari satu folder ke folder lain secara tidak sempurna, akhirnya dokumen tersebut rusak.

Pemindahan secara tidak sempurna tersebut maksudnya bagaimana? Jika anda memindahkan file, tentu ada prosesnya. Sebelum proses pemindahan selesai tetapi kita terburu menutupnya, itulah salah satu penyebab file menjadi rusak.

Nah, berdasarkan pengalaman. Saya memindahkan dokumen word dari smartphone ke komputer melalui kabel data, namun dokumen tersebut masih terbuka di smartphone. Tampak seperti tidak ada kesalahan dalam pemindahan, prosesnya pun selesai dengan sempurna. Namun tidak tahu kenapa ketika saya buka di dalam komputer dokumen tersebut tidak bisa terbuka alias rusak. Saya coba juga di smartphone, hasilnya tetap sama (corrupt).

Baca Juga:
Cara Ampuh Mengunci Dokumen Word Supaya Aman

Kemungkinan itulah penyebab dokumen word menjadi corrupt / rusak. Apakah bisa diperbaiki kembali? Tentu saja bisa. Seperti yang telah saya janjikan di atas. Di sini saya akan membantu memperbaiki dokumen rusak sehingga bisa dibuka kembali.

Langkah-Langkah Memperbaiki Dokumen Corrupt


Oh iya. Berdasarkan bacaan, banyak cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki dokumen corrupt. Bisa menggunakan layanan online seperti google drive mapun software seperti document recovery, dan lain sebagainya.

Namun kali ini, saya akan jelaskan memperbaiki dokumen word corrupt dengan menggunakan microsoft office, untuk versi berapapun tetap bisa. Tentunya lebih mudah dan cepat. PC atau laptop mana sih yang tidak terinstall microsoft office. hehe.. Jadi tidak perlu koneksi internet atau mendownload dulu software pihak ke tiga.

Yang akan saya gunakan di sini adalah microsoft office word 2007. Berikut langkah-langkah memperbaiki dokumen word yang corrupt:
  • Pilih dokumen rusak yang ingin diperbaiki kemudian klik enter
  • Akan muncul pesan / keterangan bahwa dokumen rusak. Pilih OK.
  • Selanjutnya pilih menu Office Button di pojok kiri atas
  • Klik menu Open document file
  • Cari folder tempat penyimpanan dan pilih dokumen rusak yang akan diperbaiki
  • Sebelum membuka ganti dan pastikan jenis file menjadi Recover Text From Any Files (*.*)
  • Yang terakhir klik Open.
  • Selesai. Dan selamat dokumen yang rusak kini bisa dibuka kembali.
  • Untuk lebih jelasnya bisa memperhatikan gambar di bawah ini:


Demikian cara ampuh mengatasi dokumen word yang corrupt. Dijamin bisa dibuka kembali, namun tidak dijamin tata letaknya bisa kembali sempurna seperti semula. Untuk itu silahkan di edit kembali. Yah paling tidak dokumen penting tidak terbuang dan bisa dilihat kembali.

You Might Also Like:

Disqus Comments