Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester (Promes)

Bukan maksud admin menggurui para guru yang sudah ahli menyusun program semester. Tetapi admin dirasa perlu berbagi langkah penyusunan program semester untuk membantu guru yang memang masih kesusahan dalam penyusunannya. Jika memang postingan di bawah bermanfaat dan butuh file yang saya bagikan, silahkan hubungi admin melalui email yang ada diform kontak.

Program semester merupakan program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.

Baca Juga

Kalau program tahunan disusun dan dibuat untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan. Setelah program tahunan dibuat dan telah mengetahui berapa jumlah jamnya, langkah selanjutnya yaitu menyusun program semester dimana dengan program semester ini guru bisa mengetahui berapa dan kapan kompetensi dasar itu akan disampaikan. Ada berapa KD dalam satu semester? Ada berapa jam dalam satu semester? Ada berapa minggu dalam satu semester? Maka perlu dibuat program semester untuk memberi jawaban atas semua pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester (Promes)

  • Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester
  • Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran Baca;; Cara Menghitung Rencana Pekan Efektif
  • Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
  • Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan
  • Sama seperti penyusunan prota. Dalam perkembangan dan pengkajian penyusunan promes, terdapat beragam alternatif format program semester. Dengan demikian guru memiliki kebebasan dalam menentukan format Prota.

Pada halaman ini hamba-allah.com akan membagi Blanko Program Semester (Promes). File berformat excel. File Blanko Program Semester (Promes) yang saudara download hanya contoh, karena banyak jenis form Promes yang telah dibuat sendiri. Kemungkinan form yang saudara download di sini tidak sama dengan form Blanko Program Semester (Promes) yang sudah saudara buat sebelumnya. Saudara bisa dengan mudah mengunduh Blanko Program Semester (Promes) dengan mengeklik tombol download di bawah.

Download Program Semester (Promes)
Format File = Excel
DOWNLOAD
Size File = 175 Kb

Namun dengan menggunakan blanko promes yang saya bagikan ini, saudara tidak perlu susah-susah menghitung alokasi waktu. Sebab blanko promes ini saya buat dengan excel yang sudah dilengkapi rumus perhitungannya. Jadi jumlah alokasi waktu akan terhitung secara otomatis. Silahkan lihat dan coba sendiri. Sekian dan semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Disqus Comments