Contoh Program Kerja Tata Usaha (TU) Sekolah

Berikut merupakan Contoh Program Kerja Tata Usaha (TU) Sekolah yang bisa digunakan untuk Sekolah Dasa (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP / MTs, dan jenjang pendidikan berikutnya. Tentu harus dikembangkan dulu sesuai dengan kebutuhan di sekolah masing-masing. Contoh Program Kerja Tata Usaha ini kami bagikan untuk membantu anda dalam persiapan penyusunan program kerja sebagai tanggungjawab wakil kepala sekolah urusan bidang tata usaha.

Program Kerja TU Sekolah merupakan rencana kegiatan dan anggaran yang harus disiapkan sebelum memasuki tahun ajaran baru menjelang hari efektif sekolah. Dimana dengan adanya sebuah program kegiatan maka pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung mampu terlaksana dengan sempurna.

Tidak bisa dibayangkan bagaimana jadinya sebuah kegiatan dengan jangka waktu tertentu tanpa ada persiapan atau program sebelumnya. Tentu beberapa atau sebagian besar kegiatan tidak memiliki tujuan dan bahkan berantakan. Oleh karena itu, program kerja wajib disusun guna mencapai tujuan kegiatan yang maksimal.

Peran Tata Usaha sangat berperan penting dalam urusan administrasi dan pembukuan segala hal yang berkaitan dengan kepentingan sekolah, mulai dari administrasi keuangan, administrasi kesiswaan, administrasi pendidik dan tenaga kependidikan, dan lain sebagainya. Karenanya, sangat penting juga bagi Tata Usaha untuk mempersiapkan sebuah program kerja tata usaha untuk melancarkan tugas sebagai TU sekolah yang sangat banyak tersebut.

Manfaat dan Tujuan Program Kerja Tata Usaha


Adapun secara garis besar tujuan penyusunan program kerja TU sekolah dapat digambarkan sebagai berikut:
  • Memberikan arah kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pendidikan agar dapat memanfaatkan setiap sumber dana dan daya yang tersedia untuk menunjang tercapainya mutu pendidikan;
  • Terselenggaranya administrasi kesiswaan yang tertib dan teratur sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • Terselenggaranya administrasi keuangan yang tertib dan teratur sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • Terselenggaranya pengadminitrasian surat menyurat yang teratur berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  • Meningkatkan layanan Tata Usaha dalam penyelesaian hak-hak pendidik dan tenaga kependidikan dengan pengadministrasian yang teratur;
  • Meningkatakan layanan Tata Usaha;
  • Terpeliharanya gedung sekolah dan perlengkapan sekolah sehingga tercipta lingkungan pendidikan yang nyaman, aman, dan tentram.
  • Terselenggaranya pengadminitrasian surat menyurat yang teratur berdasarkan ketentuan yang berlaku;

Format Program Kerja Tata Usaha


Berkaitan dengan format penyusunan program kerja TU sekolah, pada dasarnya sama dengan program kerja lainnya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan program kerja TU, diantaranya adalah;

A. Pengorganisasian Ketatausahaan

Dalam pengorganisasian ketatausahaan yang harus diperhatikan adalah uraian tugas tata usaha dan program kegiatan yang akan dilaksanakan. Uraian tugas tata usaha tersebut meliputi apa saja yang menjadi tanggungjawab tata usaha. Sedangkan program kegiatan yang akan dilaksanakan yakni meliputi perancangan dan menentukan kegiatan apa saja yang kiranya perlu diadakan dan yang harus dilaksanakan.

B. Matrik dan Jadwal Pelaksanaan Program Kerja

Guna memberi gambaran yang lebih jelas dan spesifik maka diperlukan sebuah metrik pelaksanaan program. Adapun hal-hal yang termuat dalam metrik program kerja antara lain; jenis program, sasaran atau terget, wujud kegiatan, waktu pelaksanaan, anggaran biaya yang dibutuhkan, kemudian penanggungjawab kegiatan. Semua hal tersebut di tulis dan digambarkan dalam bentuk tabel, sehingga lebih tertata rapi dan jelas bentuk kegiatan serta pelaksanaannya.

Kemudian dengan adanya jadwal kegiatan maka akan mampu menjelaskan kapan waktu pelaksanaan dan mampu diketahui apakah kegiatan tersebut sudah terlaksana atau belum.

Baca Juga:
Contoh Penyusunan Program Kerja OSIS SMA
Contoh Laporan Pelaksanaan Kegiatan Semester

Dokumen Program Kerja TU Sekolah


Nah untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan melihat dokumen yang kami sematkan di bawah ini;



Demikian Contoh Program Kerja Tata Usaha (TU) Sekolah yang bisa kami bagikan. Jika dibutuhkan silahkan download dokumen tersebut dan jangan lupa dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan sekolah. Terakhir kami mohon maaf jika ada kesalahan, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Disqus Comments