Contoh Program Kerja Waka Ur. Kesiswaan Sekolah

Penyusunan Program Kerja Kesiswaan merupakan tanggung jawab seorang guru yang memiliki tugas tambahan sebagai wakil kepala urusan kesiswaan. Dimana dengan adanya program kesiswaan tersebut diharapkan segala kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa akan berjalan dengan lancar dan sempurna sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, sebagai penanggungjawab penyusunan program kerja maka sebagai waka ur. kesiswaan, hendaknya benar-benar memperhatikan kondisi sekolah sebelum menentukan program kesiswaan.

Sama seperti postingan kami sebelumnya tentang contoh program kerja. Semua yang kami sajikan di sini adalah hasil dari dokumen arsip akreditasi sekolah yang telah usai berlangsung. Sebenarnya tujuan kami tidak hanya untuk mengarsip, namun juga ingin membantu saudara dalam penyusunan program kerja kwsiswaan. Jika memang kebetulan saudara mencari kelengkapan dokumen yang harus disiapkan, maka dokumen program kerja pun menjadi salah satu pelengkapnya. Kami berencana akan berbagi seluruh program kerja yang ada di sekolah. Akan tetapi pada kesempatan ini kami hanya fokus pada program kerja kesiswaan. Untuk yang lainnya akan kami bagikan pada kesempatan berikutnya.

Secara umum tugas pokok dan fungsi wakil kepala urusan kesiswaan adalah sebagai berikut:
  • Membantu melaksanakan dan melancarkan program prioritas sekolah
  • Menyusun sebuah program kerja kesiswaan unggulan sebagai pedoman kegiatan yang akan berlangsung
  • Melaksanakan bimbingan, pengendalian, dan pengarahan kepada organisasi di sekolah (OSIS)
  • Menegakkan kedisiplinan siswa dan tata tertib sekolah
  • Memaksimalkan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kesiswaan seperti PMR, KIR, PKS, UKS, dan lain sebagainya.
  • Menyelenggarakan kegiatan penunjang prestasi siswa
  • Membuat laporan kegiatan kesiswaan secara bertahap
Untuk mendefinisikan tugas pokok dan fungsi tersebut, maka sebagai waka ur. kesiswaan perlu menyusun dan membuat kerangka kegiatan sehingga menjadi sebuah program kerja yang mampu dijadikan sebagai pedoman kegiatan kesiswaan.

Baca Juga:
Contoh Program Kerja Waka Ur. Sarpras Sekolah
Contoh Program Kerja Waka Ur. Tata Usaha Sekolah
Contoh Program Kerja OSIS dan AD - ART OSIS

Dokumen Program Kerja Kesiswaan Doc


Contoh Program Kerja Waka Ur. Kesiswaan Sekolah yang kami bagikan ini semoga bisa dijadikan acuan dalam penyususnan. Karena dokumen yang kami bagikan ini hanya contoh, tentu masih membutuhkan penyesuaian melihat kebutuhan sekolah yang berbeda-beda. Silahkan lihat dan download dokumen program kerja kesiswaan berformat word di bawah ini:



Demikian contoh program kerja kesiswaan yang dapat kami sajikan. Di dalam dokumen tersebut sengaja kami susun secara sederhana dan lebih menekankan pada metrik dan jadwal kegiatan. Kedua hal tersebutlah yang menjadi tolak pedoman serta acuan yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

Terakhir kalinya kami mohon maaf jika dokumen di atas tidak sesuai yang anda harapkan. Anda bisa mencari kembali contoh-contoh dokumen terkait di mesin pencari google. Kami yakin canggihnya teknologi sekarang akan mempermudah manusia mencari informasi yang dibutuhkan.

You Might Also Like:

Disqus Comments