Tes Konsentrasi Sebagai Media Pembelajaran dan Hiburan

Berbicara soal media pembelajaran sangatlah bermacam-macam. Kita bisa memanfaatkan media langsung dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Atau membuat media pembelajaran sendiri seperti media audio, gambar, video, dll. Media pembelajaran bisa dibuat sendiri semenarik mungkin guna mengikat para peserta didik supaya lebih senang belajar, menciptakan suasana kelas yang tidak membosankan.

Kelas yang baik dan kondusif bagi pembelajaran siswa adalah kelas yang “hidup” dan menyenangkan. Kelas yang hidup dipenuhi interaksi dan aktivitas para siswa dalam belajar, melalui aktivitas diskusi, bertanya, drill/praktek, simulasi, sosiodrama, dll. Salah satu hal terpenting yang mendukung suksesnya Proses Belajar-Mengajar (PBM) adalah terbangun suasana nyaman dan menyenangan bagi para anak didik/siswa.

Icebreaking (pencairan suasana) adalah suatu aktivitas atau yang dirancang sebagai pengantar untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih mudah sehingga peserta lebih aktif terlibat dalam pembelajaran. Icebreaking adalah alat fasilitator untuk memacu interaksi, menstimulus berpikir kreatif, mengilustrasikan konsep baru, dan memperkenalkan materi/bahan-bahan yang spesifik.

Baca Juga:

Icebreaking dapat membantu untuk menciptakan sebuah atmosfir yang akan mengurangi hambatan peserta dalam aktivitas dan meningkatkan kesadaran serta keterlibatan para siswa. Beragam ice breaking yang bisa digunakan, salah satunya dengan membuat pertanyaan-pertanyaan menarik yang membuat siswa merasa penasaran akan jawaban dari pertanyaan-perrtanyaan tersebut. Berkut contoh pertanyaan-pertanyaan tersebut:
  • Anda ikut berlomba. Anda menyalip orang di posisi nomor dua. Sekarang posisi anda nomor berapa?
  • Ayah Budi punya lima anak: Nana, 2. Nene, 3. Nini, 4. Nono. Siapa nama anak kelima?
  • Ketika anda balapan, kemudian anda menyalip orang di posisi terakhir, sekarang anda di posisi...?
  • Perhatikan susunan huruf-huruf berikut. MADLEALMAP JANHUURMAUFT. Akan jadi kata apakah huruf-huruf di atas, jika delapan huruf dihilangkan?
  • BESI 1 KG vs KAPAS 1 KG Mana yang lebih berat?
  • " Seorang bisu pergi ke toko dan ingin membeli sikat gigi. Dengan menirukan orang menggosok gigi, ia berhasil menyampaikan keinginannya pada penjaga toko dan ia berhasil membeli sikat gigi... Berikutnya, seorang buta masuk ke toko itu dan ingin membeli kacamata hitam, bagaimana DIA menunjukkan keinginannya? "
  • Jika lima kucing mampu menangkap lima tikus dalam waktu lima menit, maka berapa banyak kucing yang diperlukan untuk menangkap seratus tikus dalam waktu seratus menit?
  • Perhatikan pola bilangan berikut ini: [1 =  5] [2 = 15] [3 = 125] [4 = 1235] [5 =  ?]
  • 5 + 5 + 5 = 550. Penjumlahan di atas sudah tentu SALAH. Nah,,, bagaimana caranya penjumlahan di atas bisa jadi BENAR hanya dengan menambah satu coretan di mana saja?
  • Mobil yang salah, apa yang salah? ( jwb: “mobil” ). Kucing yang salah, apa yang salah? (jwb: “kucing”). Pak Jodi yang salah, apa yang salah? ( jwb: “..........” )

Demikian pertanyaan-pertanyaan yang saya rasa cukup menarik untuk membuat siswa penasaran mengetahui jawabannya. Bisa digunakan sebelum memulai pembelajaran atau ditengah-tengah pembelajaran. Silahkan lihat video pada link berikut https://www.youtube.com/watch?v=ZHdyHzr3IUQ

Saya telah membuatnya semenarik mungkin. Ada juga yang berformat ppt jika diperlukan untuk mengeditnya lebih dan lebih menarik lagi jika dirasa video tersebut kurang menarik. Silahkan simpan file dengan menekan tombol di bawah ini.
Format File = ppt
DOWNLOAD
Size File = 10 Mb

You Might Also Like:

Disqus Comments