Cara Menghitung Analisis Soal Ulangan Harian Siswa

Menghitung Analisis Soal Ulangan Harian Siswa - Saudara hamba-Allah yang kami hormati, salah satu kunci keberhasilan mengajar adalah dengan adanya dokumen perencanaan. Dimana dalam dokumen tersebut berisi berbagai perencanaan sebelum memulai kegiatan pembelajaran, seperti RPE, RPP, SILABUS, PROTA, PROMES, dll. Termasuk juga kisi-kisi ulangan, dimana kisi-kisi soal tersebut menggambarkan soal yang akan diujikan. Dengan adanya kisi-kisi soal maka siswa bisa lebih fokus belajar dan siap untuk menghadapi ulangan/ujian yang akan diberikan. Kisi-kisi soal ulangan harian sangat dibutuhkan oleh siswa karena banyak sekali pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa, tidak hanya satu pelajaran saja.

Baca juga;

Setelah perencanaan dibuat, proses pembelajaran telah dilaksanakan. Maka langkah selanjutnya yaitu mengadakan evaluasi pembelajaran, dalam hal ini yaitu evaluasi hasil ulangan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam mengerjakan soal ulangan maka guru diwajibkan untuk mengalasisis soal ulangan tersebut. Baik itu soal ulangan harian atau ulangan semester. Dengan menghitung analisis ulangan maka guru mampu mengetahui hasil belajar siswa. Tidak hanya itu, dengan analisis soal maka guru bisa mengetahui butir soal nomor berapa yang sulit dikerjakan oleh siswa, kenapa pada butir soal tersebut banyak siswa yang tidak mampu mengerjakan, dan butir soal nomor berapa yang memang harus diganti.

Lihat juga;

Pada halaman ini kami akan membantu saudara dalam menghitung analisis soal ulangan siswa. Untuk menghitung alanasisi ulangan tersebut saudara bisa menggunakan format yang kami bagikan. Jadi analisis soal bisa dihitung dengan mudah dan cepat.

Semoga dengan format analisis soal ulangan ini bisa membantu saudara. Kami akan menjelaskan beberapa keterangan dalam format tersebut supaya lebih mudah dipakai dan dipahami. Berikut penjelasan format analisis soal ulangan yang kami bagikan:

FORM ALANLISIS SOAL ULANGAN



  1. Pilihan Ganda; tempat memasukkan kunci jawaban soal dan jawaban siswa. Jawaban siswa yang dimasukkan secara otomatis akan terkoreksi oleh kunci jawaban soal, karena sudah berisi rumus excel. Berapa jumlah jawaban siswa yang benar dan berapa jumlah jawaban siswa yang salah bisa diketahui disini. Nilai soal bisa ditentukan sendiri sesuai bobot tiap butir soal.
  2. Uraian; isi nilai soal sesuai bobot soal, kemudian masukkan hasil jawaban siswa. Maka secara otomatis nlai siswa akan terjumlah.
  3. Analisis Butir Soal; disinilah saudara bisa mengetahui tingkat kesukaran kelompok atas dan bawah, atau mengetahui tingkat kesukaran berdasarkan kelompok ganjil dan genap. Saudara bisa mengeditnya sendiri. Dari tingkat kesukaran maka bisa diketahui kategori soal, apakah soal mudah, sedang, atau sulit. Sehingga  Pada analisis butir soal ini juga saudara bisa mengetahui daya beda yang ada, sehingga bisa diketahui kategori soal, apakah soal baik, perlu perbaikan, atau perlu dirubah. Secara otomatis akan diketahui karena sudah menggunakan rumus excel.
  4. Peringkat; berisi peringkat siswa, bisa diketahui siswa yang tuntas atau remidi.
  5. Pengayaan; berisi program pengayaan dan perbaikan. Dari nilai yang dimasukkan dan nilai yang terjumlah, kemudian dianalisis. Maka disheet ini akan otomatis mngetahui siswa yang perlu melaksanakan tugas pengayaan, perbaikan, atau tutor sebaya.
  6. Cetak Nilai; adalah sheet atau tempat untuk mencetak nilai siswa, baik pilihan ganda atau uraian.

Dengan menggunakan format analisis soal ulangan ini maka guru akan mengetahui;
  • Banyak siswa yang telah tuntas belajar
  • Persentase banyak siswa yang telah tuntas belajar
  • Banyak soal yang telah tercapai
  • Persentase banyak soal yang telah tuntas belajar
  • Perlu perbaikan secara klasikal untuk soal nomor
  • Perlu perbaikan individual untuk siswa nama tidak tuntas

Semoga dengan format analisis soal yang kami share ini bisa bermanfaat bagi saudara. Jika ada kritik dan saran silahkan hubungi kami. Dengan harapan semoga HAMBA-ALLAH.COM bisa terus berbagi.

File Perhitungan Analisis Soal Ulangan Siswa
Format File = Excel
DOWNLOAD
Size File = 1 Mb

Insya Allah form ini lebih mudah digunakan. Jika ada kesulitan dalam penggunakan silahkan tinggalkan komentar.

You Might Also Like:

Disqus Comments