Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016-2017 Provinsi Jawa Timur

Kalender pendidikan merupakan bagian penting dalam mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran dengan lancar dan efektif. Oleh karena itu pihak sekolah, guru, dan orang tua wajib memahami dan memiliki kalender pendidikan guna mengatur jadwal kegiatan peserta didik dengan baik.

Komponen Kalender Pendidikan


1. Tahun Ajaran
Tahun Ajaran merupakan waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran di sekolah. Tahun ajaran baru ditetapkan oleh Dinas Pendidikan yaitu pada bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.

2. Minggu Efektif
Minggu Efektif merupakan jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Tiap sekolah bisa menyesuaikan jumlah minggu efektif sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di sekolah.

3. Hari Efektif
Hari efektif merupakan jumlah jam pembelajaran setiap minggu. Meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.

4. Hari Libur
Hari libur merupakan hari yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Mentri Pendidikan Nasional atau Mentri Agama dalam yang berkaitan dengan hari libur Nasional dan hari raya keagamaan. Hari libur tersebut diantaranya:
  • Hari libur Nasional
  • Hari libur hari besar keagamaan
  • Hari libur semester
  • Cuti bersama
  • Hari libur khusus yang ditetapkan Lembaga/Yayasan

Fungsi Kalender Pendidikan


1. Bagi Sekolah
Mendorong efektifitas dan efisiensi proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Sebagai pedoman dalam penyusunan program kegiatan sekolah. Dengan adanya kalender pendidikan maka kegiatan sekolah akan lebih tertata dan tertib.

2. Bagi Guru
Sebagai pedoman bagi guru untuk menyusun program pembelajaran. Diantaranya; penyusunan RPE, Program Tahunan, Program Semester, dan program pembelajran lainnya. Dengan adanya kalender pendidikan maka program pembelajaran guru akan lebih efektif.

3. Bagi Orang Tua/Wali Murid
Sebagai pedoman untuk mengontrol dan mengawasi anak dalam pembelarajan. Dengan adanya kalender pendidikan maka orang tua/ wali murid mengetahui kapan hari efektif dan kapan hari tidak efektif sesuai dengan yang ditetapkan oleh sekolah.

You Might Also Like:

Disqus Comments