LAPORAN KEGIATAN MAULID NABI SMP MA'ARIF 6 TP. 2014-2015

Berikut adalah contoh susunan laporan kegiatan maulid nabi. Laporan kegiatan ini disusun guna sebagai bentuk fisik laporan selama pelaksanaan kegiatan maulid nabi Muhammad SAW di SMP Ma'arif 6 Brondong. Selain itu juga guna sebagai acuan dan gambaran untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan berikutnya.

A. PENDAHULUAN

Nabi Muhammad adalah Nabi akhir zaman yang selalu menjadi panutan yang tidak akan pernah ada yang mengingkari kebenarannya. Beliaulah yang menuntun umat manusia menuju jalan yang terang benderang dengan selalu disinari cahaya Islam. Dengan perjuangan beliau umat manusia bangkit dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang dengan cahaya Islam. Dengan kelahiran Nabi akhir zaman ini terciptalah aturan-aturan Islam yang penuh keharmonisan, persaudaraan, dan keseimbangan dengan terhapusnya perselisihan, pertikaian, dan peperangan.

Betapa luar biasa jasa Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Maka sudah sepantasnya kita sebagai umatnya untuk selalu mengenangnya dan berusaha sekuat tenaga untuk mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh beliau. Karena apa yang telah dikatakan, dilakukan, dan ditetapkan beliau telah menjadi dasar segala hukum Islam setelah Al-Qur’an yang sudah tidak diragukan kebenarannya. Karena dengan mengikuti apa yang telah diajarkan oleh beliau kepada kita, maka kita akan diakui sebagai umat beliau kelak di Hari Kiamat.

Salah satu untuk menunjukkan cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW adalah dengan mengenang kelahiran beliau. Maulid Nabi merupakan bentuk penghargaan yang sangat besar kepada beliau dan kita harus bangga memiliki hari besar ini. Dengan terlaksananya kegiatan ini semoga menjadikan motivasi dan inspirasi kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan selalu menjalankan sunnah-sunnahnya.

Baca Juga:
Contoh Program Kerja Tata Usaha Sekolah
Contoh dan Cara Penyusunan Program Kerja Osis
Contoh Laporan Pelaksanaan Kegiatan Semester

B. MAKSUD DAN TUJUAN
  1. Media silaturrahmi dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah.
  2. Motivasi untuk meningkatkan diri agar menjadi lebih baik.
  3. Sebagai fasilitator untuk menumbuhkan rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW.
  4. Mengisi momentum besar Maulid Nabi dengan kegiatan yang bermanfaat.
  5. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

C. BENTUK DAN TEMA

Bentuk kegiatan ini adalah Peringatan Hari Besar Islam dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Adapun tema kegiatan ini adalah “meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW”

D. WAKTU DAN TEMPAT

Hari: Selasa
Tanggal: 20 Januari 2015
Waktu : 13:00 s/d Selesai
Tempat : Aula LP Ma’arif NU Cumpleng

E. SUSUNAN ACARA
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  3. Lagu Indonesia Raya
  4. Mars IPNU-IPPNU
  5. Sambutan-Sambutan: (1) Ketua Panitia (2) Kepala Sekolah
  6. Mahallul Qiyam
  7. Penampilan Shalawat dari perwakilan masing-masing kelas
  8. Pembagian Hadiah Class Meeting
  9. Penutup/Do’a

F. SUSUNAN PANITIA



G. ANGGARAN DANA



H. HASIL KEGIATAN

Kegiatan ini merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, dimana dalam kegiatan ini diisi dengan acara keagamaan yaitu shalawat. Selain itu dalam kesempatan kegiatan ini juga diisi dengan pembagiaan hadiah Class Meeting. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun semangat dakwah Islam dan mempererat tali silaturrahmi baik antar siswa maupun antar guru.

I. HAMBATAN KEGIATAN
  1. Banyak siswa-siswi yang tidak hadir
  2. Kurangnya persiapan mengisi acara
  3. Minim pembinaan

J. SARAN KEGIATAN
  1. Mempertegas kedisiplinan siswa-siswi untuk mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan
  2. Lebih aktif dan kreatif mempersiapkan konsep untuk mengisi acara
  3. Meminta kesadaran pembina untuk lebih memperhatikan setiap acara/kegiatan

K. PENUTUP

Demikian Proposal Kegiatan Maulid Nabi ini kami buat. Harapan kami agar kegiatan ini mampu menjadi motivasi dan inspirasi. Motivasi agar warga pamulang regency mendatang menjadi lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat untuk menjalankan syariat Islam. Inpirasi bagi seluruh masyarakat atau umat islam umumnya dan khususnya bagi warga sekitar untuk selalu berusaha meningkatkan diri dan berusaha untuk selalu mencontoh pribadi Rasulullah saw.

Akhirnya hanya kepada Allah semata semua urusan diserahkan dan hanya kepada-Nyalah hamba mengharap pertolongan. Semoga segala apa yang kita lakukan mendapatkan kemudahan dan kesuksesan serta dengan harapan agar kegiatan ini dicatat di sisi Allah sebagai amal ibadah yang senantiasa diridhoi-Nya. Amin

L. LAMPIRAN-LAMPIRAN

You Might Also Like:

Disqus Comments