Perhitungan Rincian Pekan Efektif (RPE)

RPE merupakan hitungan hari mengajar, baik itu hari efektif maupun hari libur. Semua dihitung dalam RPE sebagai perencanaan pembelajaran. Pentingnya RPE sama seperti pentingnya jadwal pelajaran. Tanpa adanya RPE maka pembelajaran tidak mungkin bisa terlaksana dan terselesaikan dengan baik. Seseorang bisa mengetahui kapan hari libur dan kapan hari kerja dengan melihat kalender atau penanggalan. Begitu juga pembelajar atau guru, mereka butuh RPE sebagai acuan untuk menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas.

Menghitung RPE (Rencana Pekan Efektif)

Menghitung RPE bisa dibilang gampang-gamang susah. Gampang bagi guru yang memang sudah terbiasa menyusun dan membuat RPE, tetapi susah bagi guru yang belum pernah atau masih dalam tahap belajar membuat RPE. Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPE seperti kalender pendidikan dan jumlah KD atau materi pembelajaran serta jumlah hari mengajar. Jika ketiga komponen tersebut bisa dipahami dengan mudah maka nantinya ketika menyusun RPE akan menjadi lebih mudah tanpa kesulitan.

1. Pengertian Pekan Efektif


Pekan Efektif adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Untuk menyusun RPE yang harus dilihat dan diperhatikan adalah kalender akademik yang sedang berlangsung yang menjadi pedoman sekolah dalam menetapkan jumlah minggu/pekan efektifnya, jadwal pelajaran definitifnya dan juga kalender atau almanak secara umum. (contoh kalender akademik ada pada lampiran )

2. Cara menghitung pekan efektif 


Untuk lebih memudahkan dalam menghitung jumlah pekan efektif dalam satu semester sebaiknya menentukan terlebih dahulu sejumlah hitungan hari-hari efektifnya dalam satu semester. Sebagi contoh format rincian hari efektif sebagai berikut:

RINCIAN HARI / PEKAN EFEKTIF SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


RINCIAN PEKAN EFEKTIF ( RPE )

Satuan Pendidikan          : ...................
Mata Pelajaran                : ...................
Kelas / Semester             : ..... / ...........
Alokasi Waktu                : ...... x ....... Menit

a. Hari Mengajar

Hari mengajar yang dimaksud adalah hari yang dimiliki guru dalam jadwal pelajaran untuk penyampaian mata pelajaran. Untuk menghitung jumlah hari mengajar guru harus memiliki kalender pendidikan yang ada disekolah masing-masing, kemudian menghitung jumlah hari mengajar setiap bulannya. Setelah itu masukkan jumlah hari setiap bulannya pada kolom seperti dibawah ini supaya nantinya lebih mudah menghitung dan membedakannya.

b. Banyaknya Pekan

Setelah menghitung jumlah hari mengajar maka selanjutnya adalah menghitung banyaknya pekan efektif yang di dapat dari hasil perhitungan jumlah hari mengajar sebelumnya. Dengan demikian maka akan diketahui jumlah pekan selama satu bulan dan dikalikan dengan jumlah jam mengajar. Lebih jelasnya bisa membuat kolom seperti gambar di bawah ini:

c. Banyak Pekan Tidak Efektif

Pekan tidak efektif adalah banyaknya pekan yang terdapat dalam kalender pendidikan tetapi tidak dapat dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran / tatap muka terstruktur dalam melaksanakan kegiatan pelaksanaan materi pembelajaran di kelas. Yang menentukan banyaknya pekan tidak efektif adalah satuan pendidikan diselenggarakannya kegiatan pembelajaran tersebut.
Sebagai contoh yang disepakati oleh sekolah X sebagai pekan tidak efektif adalah :
Perayaan 17 Agustus
Ulangtahun sekolah, dll

d. Jumlah jam efektif
e. Distribusi Alokasi Waktu
Pembangian / pendistribusian  jumlah pekan efektik ke dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran selama semester berjalan. Komponen dalam distribusi alokasi waktu mencakup kegiatan sbb:
UTS                                  :      x 3         =          
UAS                                  :      x 3         =
Uji Kompetensi                 :      x 3         =          
Cadangan                          :      x 3         =          
Tatap Muka                       :      x 3                     =          
                                               Pekan Efektif =             jam pelajaran

Atau saudara juga bisa membaca cara menghitung rincian pekan efektif terbaru 2016/2017 dengan link di bawah ini, juga saya sertakan contoh terbaru. Insya Allah lebih mudah penggunaannya.

Silahkan di baca;
Cara Menghitung Rencana Pekan Efektif (RPE)
Sudah saya sertakan contohnya dengan format excel yang sudah dilengkapi rumus untuk menghitungnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar ya...

You Might Also Like:

Disqus Comments