Langkah Menyusun Program Semester (PROMES)

Program merupakan rangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan, sedangkan semester merupakan acuan waktu penyelenggaraan pendidikan. Dengan demikian program semester merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran selama satu semester guna mencapai target pembelajaran didalam kelas atau sekolah. Pentingnya program semester sam pentingnya dengan perangkat pembelajaran guru lainnya seperti kalender pendidikan, RPE, bahan ajar, silabus, RPP, dan lainnya. Semuanya merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan jika ingin mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Kita sebagai calon guru semestinya kita harus mengetahui tentang perencanaan. Untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk diantaranya adalah program semester yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan untuk memetakan alokasi waktu setiap kompetensi yang akan dibelajarkan selama satu tahun dan satu semester agar waktu dapat dipergunakan secara efektif dan efisien.

Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.

Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan, dan siswa yang mengambil program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak.

Program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.

Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Pada umumnya program semester ini berisikan:
  • Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran)
  • Format isian (kompetensi inti, kompetensi dasar, materi, alokasi waktu, dan bulan).

Adapun langkah-langkah penyusunan program semester adalah sebagai berikut:

  • Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester
  • Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu (sebelumnya telah dibuat pada Rincian Pekan Efektif (RPE))
  • Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
  • Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan.
  • Berikut adalah format dan contoh Program Semester (PROMES) yang telah saya buat untuk memenuhi tugas mata kuliah PPL I pada KD ke 4

You Might Also Like:

Disqus Comments